Itama Ranoraya (IRRA) siapkan kapasitas dan distribusi untuk kebutuhan alat suntik

PT Itama Ranoraya Tbk (IRRA) mengaku sudah mempersiapkan kebutuhan alat suntik yang diproyeksi meningkat ketika program vaksin Covid-19 dilaksanakan. 

Asal tahu saja, IRRA merupakan distributor alat kesehatan, salah satunya jarum suntik yang diproduksi oleh sister company yakni PT Oneject Indonesia. 

Direktur IRRA Pratoto S Raharjo menegaskan, untuk mempersiapkan kebutuhan alat suntik ini, perusahaan sudah siap secara kapasitas dan distribusi. 

“Khusus untuk vaksin (Covid-19) tentu tergantung pada pemerintah sejauh mana kebutuhan dan spesifikasinya, yang jelas produk yg disiapkan IRRA sudah memenuhi standard WHO dan tingkat komponen dalam negeri (TKDN)  di atas 60%,” kata dia kepada Kontan.co.id, Rabu (14/10).

Saat ini Pratoto bilang, Oneject Indonesia tengah fokus pada persiapan penyelesaian pabrik ke dua di Cikarang dengan kapasitas jarum suntik 900 juta per tahun. 

Menurut Pratoto dengan kondisi saat ini, dirinya yakin pasar alat suntik sekali pakai atau Auto Disable Syringe (ADS) dan safety needle yang diproduksi oleh Oneject tidak hanya diperlukan di pasar domestik tetapi juga luar negeri. 

“Produk alat suntik kami telah memiliki sertifikasi dari WHO sebagai alat suntik aman berstandar global,” jelasnya. 

Adapun Pratoro menegaskan bahwa untuk persiapan armada logistik belum perlu penambahan karena IRRA sudah bekerjasama dengan ekspedisi yang bisa menjangkau se-Indonesia dengan biaya yang lebih efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *